Pemkot Bima Gelar Rapat Persiapan HUT RI ke-78 Tahun 2023

lintasra | 5 May 2024, 01:25 am | 32 views

Foto : Pemkot Bima saat rapat persiapan HUT RI ke-78 (Foto/IST)

Bima, Lintasrakyatntb.com – Dalam rangka menyambut HUT RI ke-78, Pemerintah Kota Bima menggelar rapat rutin tahunan dalam hal persiapan upacara serta pembagian tugas penanggung jawab diberbagai seksi acara, rapat berlangsung di Aula Kantor Wali Kota Bima, Senin, 7 Agustus 2023.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Sekda Kota Bima Drs. H. Mukhtar, MH dan didampingi oleh Ketua PKK, Seluruh Staf Ahli, Seluruh Kepala Perangkat Daerah, Seluruh Kabag serta Camat dan Lurah se-Kota Bima.

Sekda Kota Bima dalam arahannya menyampaikan bahwa inti dari pelaksanaan HUT RI ke-78 ini adalah Upacara Bendera yang akan dilaksanakan pada pukul 08.00 pagi dan Upacara Penurunan Bendera pada pukul 16.00 sore.

Beliau melanjutkan bahwa pada pelaksanaan Upacara Bendera nantinya para peserta diminta untuk menggunakan baju adat nusantara.

“Seperti permintaan Kadis Pariwisata dan sebagai momentum tahun terakhir masa jabatan kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota, kita ingin ada tampilan yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, jadi ada sedikit masukan dari saya jika pakaian nusantara sulit di dapatkan, bapak-bapak dari Eselon II sampai dengan Lurah dapat menggunakan pakaian Siki Lanta, dan untuk perempuannya menggunakan Pakaian/Bodo, untuk para peserta bila dirasa susah untuk mendapatkan kostum tersebut dapat menggunakan tenun ikat,” ucapnya.

Disamping itu beliau menyampaikan bahwa selain Upacara Bendera nantinya akan ada malam pengukuhan Paskibraka di Paruga Nae dan Upacara Renungan Suci di Palibelo.

Ketua PKK Kota Bima Hj. Elly Alwaini dalam sambutannya menyampaikan masukannya terkait tasyakuran setelah Upacara Bendera.

“Seperti pada tahun-tahun sebelumnya dimana kita melakukan tasyakuran di aula ini setelah upacara bendera berlangsung, namun dikarenakan tahun ini adalah tahun terakhir kami dalam mengikuti upacara bendera 17 Agustus, saya bermaksud ingin melakukan tasyakuran pada malam hari berikutnya pada tanggal 18 Agustus di kediaman Bapak Wali Kota,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut Sekda Kota Bima menyampaikan bahwa akan terlebih dahulu menunggu kepulangan Bapak Wali Kota yang sedang melakukan perjalanan dinas ke luar kota.

“Insya Allah hari minggu atau senin nanti bapak Wali Kota sudah berada di Kota Bima, dan setelah kepulangan beliau nanti akan ada undangan lebih lanjut terkait masalah tasyakuran,” tutupnya. (Humas Pemkot Bima)

Berita Terkait