PWI Kabupaten Bima akan Adakan Pra UKW

lintasra | 20 June 2024, 07:35 am | 62 views

 

BIMA, LINTASRAKYATNTB.COM —Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bima berencana kembali mengadakan kegiatan. Kali ini akan menggelar kegiatan pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

“Pra UKW ini kami anggap penting dan perlu diadakan,” ujar Ketua PWI Kabupaten Bima, Firmansyah.

Selain untuk meningkatkan profesional, kualitas maupun kuantitas jurnalis, Pra UKW ini juga sebagai pengenalan awal sebelum rekan-rekan wartawan mengikuti UKW.

“UKW adalah bentuk pengakuan bagi seorang wartawan. Di samping itu, mengikuti UKW wajib bagi wartawan,” terangnya.

Kegiatan Pra UKW ini direncanakan digelar awal bulan Juli depan. Rapat persiapan telah dilaksanakan dan panitia juga sudah dibentuk.

“Kapan waktunya dan lokasi kegiatannya di mana, kita serahkan pada panitia pelaksana,” sambungnya.

Sumber anggaran kegiatan, tambahnya, anggaran PWI Kabupaten Bima tahun 2024 yang bersumber dari dana hibah Pemkab Bima.

Firman mengatakan, peserta dalam kegiatan ini bukan saja dari anggota PWI Kabupaten Bima saja tetapi terbuka untuk semua wartawan yang berdomisli dan bertugas di wilayah Kabupaten Bima.

“Untuk penguji, kita akan upayakan menghadirkan penguji yang telah bersertifikat (lisensi) dari Dewan Pers. Teman-teman panitia lagi membangun komunikasi dengan penguji,” ujarnya.

Dalam rapat koordinasi pengurus harian dengan anggota tersebut, juga membahas terkait rencana keikutsertaan duta PWI Kabupaten Bima dalam ajang Porwanas 2024 di Kalimantan Selatan (Kaltim).

“Mohon dukungan semua pihak agar agenda ini (Pra UKW) dapat berlangsung sebagai upaya kami meningkatkan kapasitas wartawan di Kabupaten Bima,” pungkasnya. (*)

Berita Terkait